Dr. Dirgantara Wicaksono, M.Pd : Analisa Chapter 12 Buku Curiculum, Plans, and Process In Instructional Design
Kelompok : 12
Nama
: Fityah Fathaniyyah Rahman (2016820152)
Yusri Aulia Fahma
(2016820164)
Kelas
: PGSD / DSD / 4
BAB
: 12
"Multiple Uses of
Information and Communication Technology in Education"
"Beberapa Penggunaan
Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan"
Berkenaan dengan
tren ICT (Instructional Construct Technology) /TIK dalam pendidikan,
tampaknya masuk akal untuk menyimpulkan peluang baru untuk mendukung
pembelajaran serta perencanaan dan penciptaan lingkungan belajar yang
bermakna dan system pengajaran yang baik akan terus muncul.
Bagaimana teknologi baru akan mempengaruhi cara kerja rancangan
pembelajaran.
Dalam chapter
ini, Teknologi Ilmu Komunikasi sangatlah penting diperlukan dalam desain
Instruksional (proses/rancangan pembelajaran). Karena selain memudahkan seperti
untuk saling berkomunikasi kepada sesama pengguna, seperti email,
mengkoordinasikan jadwal kegiatan, dan e- learning.
Teknologi juga
dapat membantu guru untuk lebih kreatif dalam mengembangkan pelajaran yang
diajar. Selain buku, siswa juga membutuhkan pengetahuan yang lebih luas dari
itu, maka teknologi berperan besar dalam proses belajar mengajar. Bahwa, dengan
teknologi ini belajar bukanlah sebuah kegiatan yang menyebalkan atau
membosankan, tapi belajar bisa menjadi suatu hal yang menyenangkan.
Dengan
teknologi, peluang-peluang baru untuk meningkatkan dan memperbarui suatu
rancangan pembelajaran sangatlah besar. Guru dapat berfikiran dan berwawasan
luas yang tidak hanya mengandalkan suatu rancangan pembelajaran dari
pusat (pemerintah) . Guru dapat mengembangkan sendiri metode belajar yang disukai
siswa.
Penggunaan TIK
dalam ilmu pendidikan memerlukan penyuluhan dan pelatihan, karena tidak semua
guru pandai dalam menggunakan teknologi. Karena, banyak bukti yang menguatkan
bahwa guru kurang menguasai ilmu teknologi ini. Tetapi seiring berjalannya
waktu, guru dan siswa akan menguasai TIK. Perubahan tersebut akan mengubah
perspektif kegiatan belajar mengajar. Akan tetapi ada juga permasalahan yang
terjadi, misalnya sekolah-sekolah di daerah pedalaman yang belum terjangkau
teknologi.
Komunikasi
merupakan penghubung antara guru dan siswa agar dapat saling mengerti. Jika
guru dapat berkomunikasi dengan baik, dengan gesture yang disukai oleh siswa,
maka siswa juga akan mudah memahami apa yang disampaikan oleh guru. Dan
teknologi juga dapat membantu mempermudah guru dalam menyampaikan pelajaran.
Tetapi, teknologi tidak dapat menggantikan komunikasi yang terjalin antara guru
dan siswa. Karena tujuan dari teknologi adalah hanya untuk memfasilitasi
bukan menggantikan.
Komentar
Posting Komentar