Dr. Dirgantara Wicaksono, M.Pd : Analisa Chapter 12 Buku Curiculum, Plans, and Process In Instructional Design


Kelompok  : 12

Nama          : Fityah Fathaniyyah Rahman (2016820152)
                     Yusri Aulia Fahma (2016820164)

Kelas           : PGSD / DSD / 4

BAB            : 12


"Multiple Uses of Information and Communication Technology in Education"
"Beberapa Penggunaan Teknologi  Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan"


Berkenaan dengan tren ICT (Instructional Construct Technology) /TIK  dalam pendidikan, tampaknya masuk akal untuk menyimpulkan peluang baru untuk mendukung pembelajaran serta perencanaan dan penciptaan lingkungan belajar yang bermakna dan system  pengajaran yang baik akan terus muncul. Bagaimana teknologi baru akan mempengaruhi cara kerja rancangan pembelajaran. 

Dalam chapter ini, Teknologi Ilmu Komunikasi sangatlah penting diperlukan dalam desain Instruksional (proses/rancangan pembelajaran). Karena selain memudahkan seperti untuk saling berkomunikasi kepada sesama pengguna, seperti email, mengkoordinasikan jadwal kegiatan, dan e- learning. 

Teknologi juga dapat membantu guru untuk lebih kreatif dalam mengembangkan pelajaran yang diajar. Selain buku, siswa juga membutuhkan pengetahuan yang lebih luas dari itu, maka teknologi berperan besar dalam proses belajar mengajar. Bahwa, dengan teknologi ini belajar bukanlah sebuah kegiatan yang menyebalkan atau membosankan, tapi belajar bisa menjadi suatu hal yang menyenangkan.

Dengan teknologi, peluang-peluang baru untuk meningkatkan dan memperbarui suatu rancangan pembelajaran sangatlah besar. Guru dapat berfikiran dan berwawasan luas yang tidak hanya mengandalkan suatu rancangan pembelajaran dari pusat (pemerintah) . Guru dapat mengembangkan sendiri metode belajar yang disukai siswa.

Penggunaan TIK dalam ilmu pendidikan memerlukan penyuluhan dan pelatihan, karena tidak semua guru pandai dalam menggunakan teknologi. Karena, banyak bukti yang menguatkan bahwa guru kurang menguasai ilmu teknologi ini. Tetapi seiring berjalannya waktu, guru dan siswa akan menguasai TIK. Perubahan tersebut akan mengubah perspektif kegiatan belajar mengajar. Akan tetapi ada juga permasalahan yang terjadi, misalnya sekolah-sekolah di daerah pedalaman yang belum terjangkau teknologi.

Komunikasi merupakan penghubung antara guru dan siswa agar dapat saling mengerti. Jika guru dapat berkomunikasi dengan baik, dengan gesture yang disukai oleh siswa, maka siswa juga akan mudah memahami apa yang disampaikan oleh guru. Dan teknologi juga dapat membantu mempermudah guru dalam menyampaikan pelajaran. Tetapi, teknologi tidak dapat menggantikan komunikasi yang terjalin antara guru dan siswa.  Karena tujuan dari teknologi adalah hanya untuk memfasilitasi bukan menggantikan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dr. Dirgantara Wicaksono, M.Pd : K1-K4 dalam Kurikulum 2013

Dr. Dirgantara Wicaksono, M.Pd : BUDGETING TORPEDO

Dr. Dirgantara Wicaksono, M.Pd : Revisi Kurikulum 2013 PP 2017